Pakan Fermentasi Kambing di Belung

Peternak kambing Belung Buntaran kini mulai beralih menggunakan pakan hasil fermentasi yang lebih berkualitas nutrisinya karena memakai bahan pakan alami yang tersedia disekitar sawah sawah warga Desa Belung Dusun Buntaran ditambah fermentor organik yang dibeli dari pengembang bakteri fermentasi di Batu.

Terlihat salah satu peternak sedang memproses pakan hijauan dengan model fermentasi dari bahan tebon jagung manis yang tersedia banyak di Belung Buntaran.

Pakan fermentasi ini sebenarnya sudah lama dikenal masyarakat namun dalam kenyatanya masyarakat masih jarang yang memakai karena ketersediaan bahan pakan hijauan yang memang melimpah di sawah sawah Belung dan sekitarnya.

Namun berkembangnya aktifitas masyarakat yang kian dinamis dan padat mereka harus berfikir positif akan prakarsa penggunaam pakan fermentasi sebagai alternatif pakan yang lebih bernutrisi tinggi untuk ternak yang dipelihara.

Hampir separo masyarakat petani di Belung Buntaran memiliki ternak berupa kambing maupun sapi sebagai sampingan disela sela kesibukan harian sebagai petani mengolah sawah mereka.  Karena masih sampingan tersebut dan memang ketersediaan bahan pakan yang melimpah mereka tidak kesulitan untuk mengembangkanya.

Pakan fermentasi sangat cocok sebagai alternatif nutrisi tambahan ternak masyarakat Belung Buntaran karena kerjasampingan mereka akan semakin ringan dan nutrisi ternak lebih bermutu.

Diawal pemakaian pakan fermentasi bagi ternak memang akan sedikit kesulitan untuk menerima pakan ini karena sedikit asing bagi ternak, namun itu hanya di hari hari pertama saja dan peternak harus tega jika kambing mereka terus mengembik dan harus kita biarkan dulu ternak untuk lapar.

Setelah beberapa hari pakan fermentasi ini akan terbiasa terasa bagi ternak dan luarbiasanya naluri makan mereka akan semakin lahap dan rumput yg disediakan akan selalu bersih habis dibanding tidak memakai pakan fermentasi.  Ininsudah terbukti dan dirasakan menguntungkan peternak Belung Buntaran.

Ayo beralih ke pakan fermentasi untuk ternak ternak kita karena nilai nutrisinya lebih baik dan ekosistem lingkungan lebih baik, kotoran menjadi labih cepat terurai, bau amonia kotoran semakin berkurang dan tentunya kambing lebih gemuk sehat yang menjadikan nilai jual lebih meningkat.

Bravo untuk peternak Belung yang sudah beralih ke fermentasi.

Komentar

Postingan Populer