Pos Kamling Di Setiap RT Belung Buntaran

Keberadaan POS Kamling kini sudah semua lingkungan RT Dusun Belung Buntaran memilikinya. POS yang selama ini fungsinya sebagai tempat mangkal jaga malam hari lebih semarak karena di hampir semua titik pos tersebut kini ddilengkapi dengan pesawat TV untuk menemani petugas ronda malam.


Tampak salah satu poskamling yang sedang dibuat oleh warga belum selesei di RT 01 RW 06 Desa Belung Buntaran dikerjakan secara gotong royong pada malam hari karena warga sekitar luangnya malam hari disela sela kesibukan harian.

Bangunan sederhana yang mayoritas dari bahan kayu dan bambu ini sengaja dibuat warga lingkungan RT masing masing sebagai titik kumpul masyarakat.  Pos ini juga berfungsi sebagai tempat kerumunan masyarakat dan tempat bermain anak anak.  Beberapa pos kamling juga dilengkapi dengan papan catur dan juga alat permainan karambol sekedar untuk mengisi waktu luang.
Tampak Poskamling yang sudah jadi dan nyaman lain RT yaitu tepatnya di RT 01 RW 05 dengan fasilitas sederhana tikar dan tampak TV berwarna model lama yang cukup untuk hiburan malam hari ketika ronda. Di poskamling ini tidak hanya malam hari saja aktifitas masyarakat tampak di sini, pagi juga sebagai tempat mangkal pedagang sayur keliling yang selalu ditunggu ibu ibu untuk belanja pagi hari bahkan sore hari juga tampak ramai karena berdekatan dengan TPQ Taman Pendidikan Quran tempat ngaji sehari hari anak anak Belung Buntaran.


Poskamling disemua RT yang ada rata rata berbahan bambu yang memang banyak terdapat di kampung Belung Buntaran,  sebagian bahan juga tidak beli karena sumbangan dari beberapa pemilik kebun bambu yang banyak terdapat di pinggiria sungai amprong.

Keindahan juga semakin tampak akhir akhir ini masyarakat Belung Buntaran mulai suka berkebun dengan menanam berbagai sayuran dan jenis tanaman hias di tabulampot dan polibag ukuran sedang berjajar rapi dipanjang jalan Belung Buntaran yang juga menjadi ciri khas Desa ini.

Demikian sekilas tentang Poskamling yang ada di beberapa RT di Dusun Belung Buntaran yang merupakan aset tersendiri untuk kehidupan bermasyarakat di desa Belung. Simak juga artikel tentang serunya proses pilgub JaTIM yang kemaren digelar serempak sejawatimur disini

Komentar

Postingan Populer